Selasa, 04 Oktober 2011

RAWAT KESEHATAN GINJAL ANDA


Ginjal merupakan organ vital bagi tubuh Anda. Fungsinya seperti tempat sampah. Ginjal menyaring dan membersihkan darah dari berbagai limbah (residu) proses metabolisme tubuh. Misalnya dari liver yang membersihkan diri dari jam 22.00 s/d 01.00 dini hari. Kolesterol, lemak, racun kimia, obat kimia, minuman alkohol, dibersihkan dari liver kemudian diolah di ginjal. Hasilnya dikeluarkan dalam bentuk air seni. Bayangkan jika Anda sering begadang dan minum minuman beralkohol. Atau Anda yang sedang mengkonsumsi obat kimia. Betapa beratnya tugas ginjal Anda. Apalagi jika Anda kurang minum air putih.
Selain bertugas membersihkan darah, ada beberapa fungsi ginjal yang sangat penting. Antara lain :
-          Menjaga keseimbangan cairan tubuh
-          Memproduksi hormon yang mengontrol tekanan darah tubuh
-          Menghasilkan hormon erythropoietin. Hormon ini membantu pembuatan sel darah merah untuk menghindari anemia dan mengaktifkan vitamin D untuk memelihara kesehatan tulang Anda
Jadi bisa Anda bayangkan, apa yang akan terjadi dengan diri Anda jika Anda tidak memelihara ginjal Anda?

DILARANG MENGCOPY PASTE ARTIKEL DI BLOG INI TANPA IZIN

STRUKTUR GINJAL
Ginjal merupakan salah satu organ pembuangan (urine). Sistem urin terdiri dari ginjal, kandung kemih (kantung penampung air seni), otot sphincter, dan uretra.

Ginjal Anda terletak di rongga perut, tepatnya di salura paravertebral. Setiap manusia memiliki sepasang ginjal. Ginjal kiri dan ginjal kanan. Masing-masing terletak di sisi tulang belakang. Ginjal kiri terletak di bawah diafragma dan berbatasan dengan limpa. Ginjal kanan berada di bawah diafragma berbatasan dengan liver (hati.

Ginjal terdiri dari dua bagian. Bagian paling luar disebut korteks. Bagian dalam disebut medulla. Di dalam korteks inilah terdapat jutaan nefron.


Nefron terdiri dari tubulus kontortus proksimal, tubulus kontortus distal, dan tubulus duktus kolegentes. Tubulus inilah yang pertama kali menerima berbagai limbah zat kimia hasil metabolisme tubuh. Ginjal secara otomatis memilih zat-zat kimia tersebut. Zat kimia yang berguna bagi tubuh dikembalikan ke peredaran darah seperti zat kalium, fosfor dan natrium. Zat kimia yang tidak berguna dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk air kencing. Jadi, ginjal Anda berfungsi mengatur kadar zat kimia dalam tubuh. Jadi sudah terbayangkan, jika ginjal Anda tidak berfungsi, maka tubuh Anda menjadi gudang zat kimia.

FUNGSI GINJAL
Inilah fungsi-fungsi ginjal untuk tubuh Anda :
  • Membantu seluruh proses penyeimbangan tubuh (homeostatis)
  • Mengatur keseimbangan antara asam dan basa. Tubuh yang dominan asam akan lebih beresiko kanker
  • Mengatur konsentrasi elektrolit
  • Mengatur volume cairan ekstraseluler
  • Mengatur tekanan darah. Konsumsi obat penurun tekanan darah dan obat-obat jantung akan membuat ginjal bertambah lemah. Nah lho J
  • Menjadi bagian dari sistem organ vital lainnya seperti jantung, liver, limpa dan organ endokrin
Dalam melakukan pekerjaannya, ginjal hanya melakukan mekanisme sederhana. Filtrasi (menyaring), reabsorpsi (memasukkan kembali), dan sekresi (mengeluarkan dari tubuh). Pekerjaan ini dilakukan di dalam nefron.
Filtrasi adalah proses penyaringan sel-sel dan protein dari darah yang akhirnya akan menjadi urin (air kencing). Reabsorpsi adalah penyerapan kembali molekul dari ultrafiltrate ke darah. Sekresi adalah proses pembersihan molekul dan zat-zat tertentu dari darah dalam bentuk air kencing.
Banyak orang yang tidak memahami apa saja gejala gangguan ginjal. Padahal dari berbagai aktivitas dan gaya hidup kita yang salah, misalnya kurang minum air putih, mengakibatkan ginjal semakin menurun fungsi (defisiensi) dari hari ke hari. Banyak orang baru pergi ke dokter setelah ginjal hanya tinggal memiliki fungsi 30 %.

Untuk pengobatan gagal ginjal, batu ginjal, radang kantung kemih dan batu kantung kemih, Anda dapat mengkonsumsi rutin nutrisi untuk memperbaiki struktur sel-sel ginjal. Antara lain :
  • Dycepsin. Diambil dari spora ulat cordyceps yang hidup di dataran tinggi China. Nutrisi ini dapat memperbaiki sel-sel ginjal. Telah terbukti dapat menolong penderita ginjal sehingga berangsur-angsur normal.
  • Vitality. Diambil dari ekstraksi pucuk lembaga gandum. Nutrisi ini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas organ ginjal dan meluruhkan batu ginjal
  • Penderita ginjal komplikasi tentu akan mendapatkan tambahan kombinasi produk lain untuk mempercepat penyembuhan. 
  • Obat dokter dan tindak hemodialisa (cuci darah) tetap dilakukan sampai betul-betul sembuh
Konsumsi rutin nutrisi ini dapat mempertahankan ginjal Anda tetap sehat. Juga dapat memperbaiki kualitas seksual (mengobati ejakulasi dini bagi laki-laki dan perempuan)


0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites